Perusahaan Korea Siap Bantu Kurangi Pemadaman Bergilir

Jakarta - PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan mengurangi pemadaman listrik. Hal ini disambut baik oleh Industri komponen kelistrikan asal Korea Selatan (Korsel) Daewoong Electric Co.Ltd. 

Dengan menggandeng perusahaan lokal PT Jaladri Prima Intertrade, Daewoong akan menawarkan ke PLN sistem digitalisasi Gardu Induk (GI) dan distribusi. Kerja sama kedua perusahaan tersebut telah disepakati, Kamis (7/9/2017).

Komisaris Jaladri Prima Intertrade Demedem Rochkadar Sukada mengatakan, sistem digitalisasi GI dan distribusi milik Daewoong akan membuat waktu pemadaman listrik akan lebih cepat, dengan menggunakan sistem otomatis pada Gardu Induk, akan mempercepat proses stabilitas pasokan listrik setelah mengalami pemadaman.

Hal ini sejalan dengan keinginan PLN yang berupaya mengurangi jumlah pemadaman listrik (System Average Interuption Duration Index/SAIDI) hanya 7 menit dalam 1 tahun pada 2017.

"Kami melihat peluang ini, kami akan mengambil teknologinya, kami terapkan di GI PLN dan distribusi. Kita lihat pemadaman dulu lama pakai manual, kita bisa hemat waktu sekaligus memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan," kata Demedem dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Ia menambahkan, Daewoong juga siap melakukan tarnsfer pengetahuan dan berinvestasi di Indonesia untuk membangun pabrik komponen sistem digitalisasi alat kelistrikan.

"Transfer teknologi, perlengkapan dasarnya saya minta gunakan produksi sini," ucapnya.

CEO Daewoong Electric, Choi Jung Nam, mengungkapkan teknologi milik Daewoong telah digunakan perusahaan listrik Korea Selatan atau Korean Electric Power Company (KEPCO) dan terbukti efektif mengurangi pemadaman.

"Kami ingin Korean hybrid sistem pada transmisi diperkenalkan di Indonesia. Kami berharap membuka paradigma baru dibidang transmisi distrirbusi di Indonesia dengan menggunakan IT smart grid," tutupnya.(mca/mca)

 

sumber: https://finance.detik.com/energi/d-3633364/perusahaan-korea-siap-bantu-kurangi-pemadaman-bergilir