PLN Gandeng Daewoong Tekan Pemadaman Listrik

Jakarta - PT PLN (persero) menggandeng Daewo‎ong Electric Co.Ltd dalam meningkatkan pelayanan melalui digitalisasi sistem Gardu Induk (GI) dan distribusi. Daewoong merupakan industri komponen kelistrikan asal Korea Selatan. Daewoong bekerja sama dengan perusahaan lokal ‎PT Jaladri Prima Intertrade.

Komisaris Jaladri ‎Demedem Rochkadar Sukada mengatakan sistem digitalisasi GI dan distribusi ini akan mempercepat proses stabilitas pasokan listrik setelah mengalami pemadaman. Hal ini sejalan dengan keinginan PLN yang berupaya mengurangi jumlah pemadaman listrik (System Average Interuption Duration Index/SAIDI) hanya tujuh menit dalam satu tahun pada 2017.

‎"Kami melihat peluang ini, kami akan mengambil teknologinya, kami terapkan di GI PLN dan distribusi. Kita lihat pemadaman dulu lama pakai manual, kita bisa hemat waktu sekaligus memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan‎," kata Demdem, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/9).

Demdem menuturkan Daewoong juga siap melakukan transfer pengetahuan dan berinvestasi di Indonesia untuk membangun pabrik komponen sistem digitalisasi alat kelistrikan. "Transfer teknologi, perlengkapan dasarnya saya minta gunakan produksi sini," ucapnya.

Sementara itu CEO Daewoong Choi‎ Jung Nam menambahkan teknologi milik Daewoong telah digunakan perusahaan listrik Korea Selatan atau Korean Electric Power Company (KEPCO) dan terbukti efektif mengurangi pemadaman. ‎"Kami ingin Korean hybrid sistem pada transmisi diperkenalkan di Indonesia. ‎Kami berharap membuka paradima baru di bidang transmisi distirbusi di Indonesia dengan menggunakan IT smart grid," tutupnya.

 

sumber: http://www.beritasatu.com/bisnis/451284-pln-gandeng-daewoong-tekan-pemadaman-listrik.html